10 Langkah Menulis Sales Letter Yang Benar

10 Langkah Menulis Sales Letter Yang Benar
Sales letter merupakan tulisan pada website yang berfungsi untuk mempresentasikan produk anda kepada pengunjung/traffic sebaik mungkin sehingga mereka memutuskan untuk membeli produk anda/mengkonversi penjualan. Karena sales letter bertugas mempresentasikan produk kita maka didesain sebaik mungkin dapat menarik hati konsumen. Sehingga akhirnya mereka mau memutuskan untuk membeli produk kita. Perlu diingat!, sebagus apapun produk anda, jika sales letter anda jelek maka konsumen tidak akan pernah tahu manfaat yang diperoleh dari produk anda. Oleh karena itu jika anda menulis sales letter, berpikirlah dari sudut pandang konsumen. Karena dengan begitu mereka akan tahu manfaat terbesar setelah memiliki produk anda. Sales letter menjadi penentu seberapa banyak pengunjung yang akan membeli produk yang anda jual.

Komponen dari sales letter ada 3 bagian, yakni :
  • Introduction = pengenalan
  • Body Copy= penawaran
  • Conclusion = kesimpulan

Berikut ini 10 Langkah Kunci Menulis Sales Letter :
  1. Headline: Headline haruslah singkat, padat dan jelas. Yang paling penting harus mampu menarik perhatian pengunjung dalam waktu singkat. Headline bertugas mengiring pengunjung untuk terus membaca sales letter. Harus cepat karena orang tak punya banyak waktu. Sekali headline anda gagal menarik perhatian, pasti efeknya terasa pada penjualan.
  2. Introduction. Setelah pengunjung tertarik dengan membaca headline yang kita tulis, selanjutnya lakukan pengenalan diri, apa latar belakang dan passion anda. 
  3. Bangun Proxymity. Bangun kedekatan dengan calon pembeli produk anda. Caranya dengan meyakinkan mereka bahwa anda juga memiliki masalah yang sama. Jika yang anda tawarkan ebook training, maka jelaskan bahwa dulu anda juga mengalami kesulitandengan mencari ebook training yang lengkap dan bermanfaat untuk bisnis online anda. 
  4. Mulai Ajukan Solusi. Mulai sisipkan dalam bawah sadar target market anda mengenai solusi yang bisa ditempuh. Mungkin beli ebook, ikut training, dll. 
  5. Informasikan Komposisi Produk dan Benefitnya. Jelaskan fitur apa saja yang mereka akan dapatkan dan jelaskan manfaat apa saja yang mereka dapatkan dari produk tersebut.
  6. Pencantuman harga. Rumus harga pergunakanlah ilmu penentuan harga yang secara psikologis membuat kesan tidak terlalu mahal.Itulah mengapa seorang internet marketer sebelum memberikan harga sebenarnya, ada harga coret. Sehingga memberi kesan pengunjung sangat untung dan sayang jika melewatkan penawaran ini. Masalah pembulatan harga, cukup penting diperhatikan bahwa secara psikologis calon pembeli lebih suka harga yang tampak menguntungkan. Misalnya Rp. 99.000,- lebih baik jika dibandingkan dengan mencantumkan harga Rp. 100.000,-
  7. Pasang CALL TO ACTION. Tombol beli sekarang, buy now, subscribe now,dll. Artinya, setelah pengunjung kita arahkan dengan penawaran yang sulit untuk ditolak, langsung berikan tombol untuk melakukan pembelian. Bisa tombol itu di linkan ke paypal, form order, atau strategi lain yang intinya langsung bantu calon customer melakukan transaksi.
  8. Kasih GARANSI. Hilangkan keraguan dari diri calon customer anda dengan garansi. Bisa garansi uang kembali jika tidak sukses dalam 30 hari, dll. 
  9. Tambahkan bonus. Semua orang suka BONUS. Ya, semua orang suka jika dapat keuntungan tambahan. Cantumkan harga bonus yang anda berikan dan apa saja isinya. Tentu saja bonus harus berkaitan erat dengan produk yang anda jual. Dengan begitu calon customer anda nggak akan lari ke website orang lain. 
  10. Lakukan Recap. Tulis pengulangan lagi secara singakat, totalan Value + Bonus berapa, Harga dan CALL TO ACTION lagi.

Tambahan dari 10 di atas yang juga penting, yakni : harus ada  Disclaimer. Penting menambahkan point disclaimer di bagian salesletter. Lalu juga bisa tambahakan sedikit FAQ (kayak tanya jawab singkat) mengenai hal hal yang mungkin sering ditanyakan berkaitan dengan penawaran anda. 

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post