Bagaimana Cara Optimalkan Call to Action (CTA)

Bagaimana Cara Optimalkan Call to Action (CTA)
Call To Action (CTA) adalah banner, tombol, atau beberapa jenis grafis atau teks pada website yang dimaksudkan untuk mendorong pengguna untuk mengklik.Inti sales letter adalah bagaimana agar calon customer anda bertindak anda dapat memanfaatkan Call To Action untuk mengarahkan mereka. Bisa dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, terkadang bahasa asing tampak lebih mudah. Anda bisa menggunakan Call To Action berikut ini di sales letter anda : 

Daftar Sekarang, Daftar Gratis, Order Disini, Dapatkan Rahasianya Disini, Cek Disini, Klik Disini, Download Sekarang, Masukkan alamat email, Booking Sekarang, Gabung Sekarang, Daftar Newsletter, Pesan Sekarang, Watch This, Click Here, Add to Cart, Book Now, Subscribe Now, Subscribe Today, Apply Now, Click For Detail, More Info, Follow, Watch This, Buy Now, Visit Us, Click The Button Below, Get Access Now, Get It Free, Start Now, Learn More
Berikut cara mengoptimalkan Call To Action (CTA) :

Lakukan tes CTA
Anda hanya dapat lakukan tes CTA pada design atau text yang anda gunakan, penggunaan font, ukuran, warna, lokasi, dll.Dalam satu waktu, gunakanlah hanya 1 elemen pengetesan, agar anda dapat menganalisa hasil yang pasti dari elemen yang anda gunakan tersebut.

Jadikan CTA terlihat pada pandangan pertama
CTA harus terlihat jelas pada sales letter anda sehingga calon customer tahu dimana harus meng-klik. Anda bisa membuat CTA lebih besar. 

Miliki Perintah yang jelas
Jangan sampai call to action Anda malah membuat bingung. CTA haruslah jelas apa perintah dan apa maksudnya. Gunakan kata perintah seperti “Klik di sini!, “Daftar sekarang”, “Gabung sekarang”, atau yang lainnya.

Pilihlah warna yang tepat
Pilihlah warna yang kontras dengan desain sale letter anda sehingga CTA lebih menonjol. Pilihan warna dapat mempengaruhi CTR. Kalau anda perhaikan mengapa tombol CTA kebanyakan warna hijau? Karena secara psikologis warna hijau mengartikan penerimaan dan persetujuan. Atau anda juga bisa dengan warna kuning agar lebih atraktif. 

Masukkan beberapa tombol CTA
Jika tidak banyak tulisan, anda bisa letakkan satu tombol CTA. Jika tulisan anda cukup panjang, anda bisa meletakkan lebih dari satu CTA. Misalnya : pada bagian tengah sales letter anda atau bagian akhir. 

Jelaskan secara spesifik
Biasanya kata dalam CTA terdiri dari 1 atau 2 kata. Bukan berarti anda tidak boleh menulis dalam satu kalimat. Misalnya : “Booking Hotel Sekarang dan Dapatkan Diskon” atau “Temukan Restoran Terdekat dan Dapatkan Voucher Gratis”.

Gunakan Gambar
Anda bisa gunakan gambar untuk mengarahkan ke CTA anda. Bisa dengan gambar panah atau garis. Bahkan dengan gambar bergerak akan lebih bagus. Karena elemen gambar mendapat perhatian lebih dari pengunjung.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post