Hak Cipta Masalah Terbesar Publisher Video Youtube

Hak Cipta Masalah Terbesar Publisher Video Youtube
Salah satu masalah terbesar yang website video-sharing seperti Youtube adalah isu pelanggaran hak cipta. Hak Cipta/Lisensi adalah bentuk perlindungan untuk karya tulis, Sastra, drama, music, film, grafis dan audiovisual. Pelanggaran hak cipta terjadi jika karya hak cipta di produksi ulang, ditampilkan atau ditujukan pada publik tanpa izin dari pemilik hak cipta atau tanpa hak hukum melakukannya. Pelanggaran hak cipta di Youtube biasanya ditemukan di Audio, musik/lagu yang disertakan pada video tersebut. Meskipun hanya sepotong lagu yang berdurasi 20 detik, bisa dideteksi Google sebagai pelanggaran hak cipta.

Jika anda memiliki video hasil karya sendiri, selanjutnya video anda dipakai / diupload orang lain tanpa izin maka anda berhak meminta Youtube menghapus video tersebut. Youtube menyediakan fitur mengajukan banding/dispute. Tapi berhati - hatilah dengan hal ini, jika menyalahgunakan proses itu, anda bisa berurusan dengan hukum.Atau anda pernah mengalami hal seperti ini, video yang anda upload mendapatkan klaim adanya konten pihak ketiga yang menyebabkan video anda tidak bisa dimonetisasi. Itulah gunanya perlindungan hak cipta perlunya kebijakan yang adil dari Youtube sebagai perlindungan.

Ada beberapa cara agar bebas klaim masalah hak cipta :

Buatlah video original. Ini adalah cara yang paling sportif untuk mengupload video di Youtube, yaitu membuat video original. Pihak Youtube sangat menyarankan agar video yang anda upload adalah video original untuk menghindari klaim konten video pihak ketiga. 

Mengedit video menggunakan software. Anda juga bisa menggunakan bantuan software untuk membuat atau mengedit video. Dengan sotware anda bisa menambahkan klip video, memperpendek atau memperpanjang video, memotong dan mengkombinasi video-video menjadi satu, menambahkan efek baru pada video, mengubah suara video, memperlambat atau mempercepat video, menambahkan musik.

Jika Anda menggunakan software editor video, pastikan Anda mengedit atau mengubah suara dan klip video. Misalnya jangan menggabung klip video dengan lagu yang berhak cipta, Anda bisa mengubah efek suara pada lagu tersebut atau menambah efek DJ lalu menggabungkan pada klip video. Youtube memiliki system detektor yang sangat canggih, ia bisa mendeteksi konten pihak ketiga hanya dari suara dan klip video yang anda upload.

Mengedit Video Online Youtube. Anda juga bisa membuat dan mengedit video secara online di Youtube. Model editor video yang disediakan Youtube hampir sama dengan Movie Maker.

Rekomendasi buat anda :
Pustaka audio youtube, anda dapat menguunakan ribuan audio/lagu/musik gratis untuk video anda.

Beberapa situs musik/lagu yang bisa di jadikan alternatif, dengan lisensi creative commons yang dapat anda pilih :

http://www.jamendo.com/
http://wacca.fm/
http://ccmixter.org/
http://freemusicarchive.org/
http://www.beatpick.com/
http://incompetech.com/m/c/royalty-free/
http://opsound.org/

Situs rekomendasi project wikipedia yang dapat anda kunjungi :
http://wiki.creativecommons.org/Sound
http://creativecommons.org/audio/
http://copyrightfriendly.wikispaces.com/page/code/Copyright-friendly+music+and+sound

Beberapa situs publik domain :
http://www.musopen.com/
http://www.publicdomain2ten.com/
http://www.publicdomain4u.com/
http://www.jazz-on-line.com/

Untuk lebih lengkapnya mengenai Hak Cipta di Youtube, bisa anda pelajari disini :
https://www.youtube.com/yt/copyright/id/
di 15.57

0 komentar:

Copyright © Sosial Media Marketing
Designed by Siyamdezign | Edited By Madamvia
Generation Engelmundus | Mulai Bisnis Anda
Powered By Blogger
Back to Top