Trik Psikologis Menarik Pembeli di Toko Online Anda

Trik Psikologis Menarik  Pembeli di Toko Online Anda
Apakah Anda merasa website toko online Anda banyak yang mengunjungi tapi hanya sedikit konversi penjualan yang terjadi? Berarti banyak yang hanya lihat-lihat dan belum/tidak memutuskan untuk membeli. Apa masalahnya? Coba lakukan perubahan kecil ini pada website Anda dan Anda lihat bagaimana omzet penjualan Anda akan meningkat. Lihatlah bagaimana para visitor/pengunjung akan berubah menjadi customer. Berikut 5 trik psikologis untuk meningkatkan omzet penjualan toko online :

Kontras
Di internet, jika Anda berhasil menarik perhatian pengunjung maka Anda berpeluang besar mengubahnya menjadi penjualan. Gunakan efek kontras untuk meningkatkan penjualan di toko online Anda. Ada beberapa efek kontras yang sering digunakan :
  • Menampilkan gambar sebuah produk lebih besar dari gambar produk lainnya. Satu perbedaan misalnya bentuk ataupun ukuran, akan menarik perhatian mengunjung untuk memperhatikan bentuk atau ukuran yang berbeda tersebut.
  • Membedakan warna nominal harga normal dengan warna nominal harga diskon. Biasanya warna nominal harga normal hitam dan dicoret kemudian warna nominal harga diskon diberi warna merah. Warna merah secara otomatis menarik perhatian pengunjung. Kontras warna ini juga menegaskan perbedaan antara harga normal yang lebih mahal dan harga diskon yang lebih murah.

Mentalitas Kawanan
Mentalitas kawanan di era modern adalah perilaku yang berpedoman pada perilaku orang lain disekitarnya. Itulah mengapa Anda sering jumpai orang membeli barang yang kadang kala tidak dibutuhkannya tetapi karena banyak yang beli maka jadi ikutan membeli. Ya, terutama kaum wanita nih, ada saja alasannya untuk membelanjakan uang. Okay, bagaimana memanfaatkan perilaku ini di dunia internet. Manfaatkan perilaku mentalitas kawanan di toko online Anda, coba Anda perhatikan di website E-commerce Anda sering menjumpai area khusus untuk memajang "produk recommended”, "produk yang paling banyak dibeli”, "related product” atau "produk terlaris €9D. Entah itu dibagain samping, tengah ataukah bawah di website mereka. Ya, itu adalah trik yang memberikan sinyal bahwa banyak orang telah menggunakannya. Dan pengunjung akan tertarik juga untuk membeli produk yang ditawarkan area tersebut.

Baru
Kata "BARU” memiliki magnet yang cukup kuat untuk menarik customer. Oleh karena itu Anda sering menjumpai website toko online yang memasang halaman khusus untuk PRODUK TERBARU atau NEW ARRIVAL.

Paradoks Pilihan
Berilah pilihan yang tidak terlalu banyak dalam satu halaman. Terlalu banyak yang Anda tampilkan maka pengunjung Anda akan mengalami kelelahan untuk melihat satu dengan yang lainnya. Dan terkesan rumit. Misal v menampilkan 6-12 produk dalam 1 halaman itu lebih baik dari pada Anda menampilkan 24-48 produk dalam 1 halaman terlebih gambarnya kecil-kecil. Semakin sedikit pengunjung akan lebih memperhatikan setiap item yang ditawarkan.

Kelangkaan
Kelangkaan produk menuntun orang secara psikologis untuk takut kehilangan kesempatan. Trik kelangkaan yang bisa Anda gunakan, diantaranya : cantumkan jumlah stok yang ada, produk dijual terbatas, limited design atau only 1 pc per desain. Maka orang akan belomba-lomba membeli produk Anda. 
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post